15 Juni, Peringatan Coral Triangle Day di Bali

Terumbu karang

Ekosistem terumbu karang. FOTO: DARILAUT.ID

Jakarta – Peringatan Coral Triangle Day direncanakan akan dilaksanakan pada 15 Juni tahun ini di Pantai Masceti, Gianyar, Bali.

Kegiatan ini akan melibatkan pemerintah daerah, Kodim, PPLH, Trash Hero dan 100 siswa Sekolah Dasar (SD).

Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar – Kementerian Kelautan dan Perikanan telah melakukan koordinasi dengan Coral Triangle Center.

Acara akan diawali dengan aksi bersih pantai. Selanjutnya, workshop mengenai pemanfaatan sampah untuk siswa SD di Kabupaten Gianyar. Nara sumber workshop ini PPLH khususnya wanita untuk meningkatkan peran wanita dalam partisipasi pengelolaan konservasi sumberdaya laut dan pesisir yang berkelanjutan.

Selain itu, akan diadakan kompetisi pemanfaatan sampah antara siswa SD di Kabupaten Gianyar.

Melalui kegiatan ini, diharapkan sampah yang dihasilkan sehari-hari bisa dipilah untuk dimanfaatkan sebelum benar-benar dibuang. Peserta siswa ini turut pula menjaga kebersihan pantai di Gianyar dengan meminimalisir penggunaan sampah plastik.

Direncanakan pula acara hiburan akan diisi wayang samudera. Acara sebagai sarana penyuluhan edukatif yang menghibur siswa SD di Kabupaten Gianyar mengenai kondisi kekinian laut Indonesia.*

Exit mobile version