Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Menara Suar Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

Pengibaran bendera merah putih raksasa di puncak menara suar di perbatasan Indonesia dan Timor Leste. FOTO: DITJEN HUBLA

Darilaut – Bendera merah putih raksasa berkibar di puncak menara suar yang berada di perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Bendera berukuran 21 x 12 meter di menara suar setinggi 40 meter.

Ada 2 bendera yang dipasang di menara suar di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bendera pertama berkibar di Menara Suar Wini yang berbatasan dengan Negara Timor Leste di Kabupaten Timur Tengah Utara. Bendera kedua di kota Kupang.

Bendera merah putih raksasa ini dipasang Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-75. Bendera tersebut berada di puncak menara suar Distrik Navigasi Kelas II Kupang.

Distrik Navigasi kelas II Kupang memiliki 21 menara suar yang tersebar di Nusa Tenggara Timur dan di kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku. Luas wilayah kerja mencakup ± 92.250 NM.

Wilayah ini di bagian Selatan berbatasan dengan Negara Australia dan bagian Timur berbatasan dengan negara Timor Leste.

Pengibaran bendera merah putih di menara suar Wini mulai tanggal 2 Agustus, sedangkan di menara suar Kota Kupang tanggal 5 Agustus

Kepala Distrik Navigasi Kelas II Kupang, Israyadi, mengatakan, tujuan pengibaran bendera raksasa ini untuk membangkitkan jiwa patriotisme masyarakat Indonesia.

“Apalagi kondisi kita yang sedang dilanda pandemi covid-19 saat ini, kita harus terus berjuang dan optimis bisa melewati masalah ini sesuai dengan tema kemerdekaan saat ini, 75 Tahun Indonesia Maju,” kata Israyadi, Senin (10/8). *

Exit mobile version