Berlayar Tanpa Dokumen, Kapal Alam Raya Indah Ditangkap TNI Angkatan Laut

FOTO: KOARMADA1.TNIAL.MIL.ID

Palembang – TNI Angkatan Laut menangkap Kapal Motor (KM) Alam Raya Indah-02 yang memuat solar tanpa ijin dan berlayar tanpa dokumen. Penangkapan dilakukan Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Palembang dengan menggunakan sarana Speedboat dari Posmat Sungsang.

Lokasi penangkapan berada pada posisi 02º 21′ 817“ LS – 104º 55′ 540” BT, tepatnya di Perairan Pulau Payung Sungai Musi Palembang, Rabu (15/5).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, KM Alam Raya Indah-02 dengan tonase 32 Gros Ton. Kapal berbendera Indonesia ini dengan nakhoda Asrar. Jumlah Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak empat orang. Tanda selar CB-TB.755 GT7.12/18.

Kapal ini memuat bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar sebanyak 9.500 Liter, dengan rute Pelayaran dari Bangka Belitung tujuan Palembang.

KM Alam Raya Indah-02 diduga melakukan pelanggaran karena membawa muatan BBM jenis Solar tanpa ijin. Kapal berlayar juga tanpa dilengkapi dengan dokumen sama sekali.

Menindaklanjuti hal tersebut, Tim F1QR melaporkan ke Komandan Lanal Palembang.

Komandan Lanal Palembang kemudian memerintahkan Tim F1QR Lanal Palembang membawa KM Alam Raya Indah-02 ke Pangkalan TNI AL Palembang dengan pengawalan menuju ke Dermaga Posmat 1 ilir untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.*

Exit mobile version