Cuaca Buruk, KM Three Angel Sempat Hilang di Perairan Tagulandang

KM Three angel

FOTO: HUBLA.GO.ID

Bitung – Kapal Motor (KM)Three Angel mengalami kebocoran karena cuaca saat berlayar di perairan Tangulandang, Sulawesi Utara. Kapal ini GT 29 ini berangkat dari pelabuhan perikanan Bitung, dengan jumlah anak buah kapal (ABK) tujuh orang.

“Namun pada saat kapal memasuki perairan Kepulauan antara Biaro & Tagulandang sekitar pukul 13.30 WITA cuaca tiba-tiba berubah, ombak menjadi kencang disertai angin, kapal pun dihantam ombak di bagian lambung dan mengalami kebocoran,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Ulu Siau Suleman Langge, Jumat (26/4).

Pada saat berangkat dari pelabuhan perikanan Bitung, cuaca dalam kondisi cerah, sehingga dikeluarkan Surat Perintah Berlayar (SPB) nya, pada Kamis (25/4). Kapal ini akan melaut di perairan Siau.

Nakhoda berusaha untuk mengelurkan air, tapi sia-sia. Nakhoda lalu menghubungi pemilik kapal di kota Bitung dan memerintahkan semua ABK terjun ke laut dengan memakai life jacket & lifebouy.

“Pemilik kapal juga menghubungi kami dan segera mengatur jajaran untuk pencarian serta penyelamatan,” kata Suleman.

Dengan menggunakan kapal patroli dan dibantu kapal Pajeko, selama 3 jam 30 menit dilakukan pencarian dan akhirnya ditemukan sekitar pukul.17.00 WITA.

KM Three Angel, serta ABK berada di seputaran pulau ruang, dekat dengan pulau Tagulandang dalam keadaan selamat.

“Selanjutnya mereka semua dibawa ke Pelabuhan Tagulandang untuk diperiksa kesehatannya,” kata Suleman.*

Exit mobile version