Gempa Cukup Kuat Guncang Lombok

Peringatan dini tsunami di NTB berakhir. FOTO: BMKG

Mataram – Gempa cukup kuat 7,0 pada skala Richter (SR) mengguncang Lombok, Nusa tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8) malam. Gempa ini berpotensi tsunami.

Akun twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mulanya menginformasikan gempa dengan kekuatan 6 SR. Tak berapa lama, BMKG membuat pemutakhiran untuk peringatan dini bahwa gempa ini berkekuatan 7,0 SR dan berpotensi tsunami.

Lokasi gempa berada pada 8.25 Lintang Selatan dan 116,49 Bujur Timur. Jarak gempa 27 kilometer timur laut Lombok Utara. Pada kedalaman 15 kilometer.

Hasil pemutakhiran BMKG, tsunami akibat gempa 7,0 SR telah terdeteksi di Carik jam 18.48 WIB 0,135 m dan di Badas jam 18.54 WIB 0,100m.

Dr Nur Hidayat Sardini, dosen Universitas Diponegoro Semarang yang sementara berada di Kota Mataram merasakan gempa yang cukup kuat. “Kami di dalam mobil, terguncang cukup lama dan hebat,” kata Nur Hidayat, anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu periode 2012-2017.

Nur Hidayat menulis melalui akun twitter “Gempa sangat kencang. Saya, ketua dan anggota Bawaslu tengah mencari makan, lagi di jalan Cakranegara, tengah Kota Mataram, ibukota NTB. Kami di dalam mobil, terguncang cukup lama dan hebat.”

Menurut BMKG, pusat gempa di darat 18 kilometer Barat Laut Lombok Timur. Kedalaman 15 kilometer. Gempa dirasakan V-VI MMI (Modified Mercalli Intensity) di Bima, V-VI Denpasar, V-VI Karangasem, IV Kuta, III MMI Waingapu, II Sawahan, II-III Banyuwangi, Kuta, II-III Situbondo, dan II-III Malang.

Sejumlah bangunan mengalami kerusakan di NTB dan Bali. Mengantisipasi terjadi tsunami warga Lombok Barat ke tempat yang lebih tinggi.*