Ikan Karang Caetodon di Karang Buatan Pulau Panjang

Pertumbuhan 45 hari fragmen karang Acropora pada terumbu buatan APR (Artificial Patch Reef) di Pulau Panjang, Jawa Tengah (Munasik et al., 2017).

Semarang – Ikan karang Caetodon telah berasosiasi di lokasi karang buatan Artificial Patch Reef (APR). APR ini dikembangkan di perairan dangkal Pulau Panjang, Jepara, Jawa Tengah.

Ahli terumbu karang dari Universitas Diponegoro (Undip) Dr Ir Munasik M.Sc mengatakan, kehadiran Caetodontidae sebagai indikator kesehatan terumbu karang. Caetodontidae ini telah ditemukan di sekitar koloni hasil transplantasi karang.

Menurut Munasik, hasil APR di perairan dangkal menunjukkan secara bertahap dapat meningkatkan keanekaragaman hayati. Karang buatan ini juga telah menghadirkan habitat baru. Selain itu, berdasarkan hasil monitoring terdapat ikan karang Pomacentridae.

Juvenile dari butterflyfish, Chaetodon octofasciatus, berasosiasi dengan koloni karang bercabang Acropora, setelah dilakukan APR 100 hari.

Munasik mengatakan, karang bercabang Acropora adalah salah satu spesies terbaik untuk meningkatkan biomassa karang di perairan dangkal. “Komposisi spesies karang yang menetap di APR mirip dengan karang alami terdekat,” kata dosen di Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip ini.

Hal penting lainnya dengan pengembangan APR di Pulau Panjang, yakni keterlibatan berbagai pihak, terutama masyarakat setempat. APR bukan hanya dikembangkan akademisi.

“Masyarakat setempat juga merasa memiliki, ikut menjaga dan merawat APR,” kata Munasik, Wakil Ketua Dewan Pakar Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO).

Selain itu, keberhasilan APR ini karena mendapat dukungan dari PLTU Tanjung Jati B dalam penerapannya melalui program dana sosial atau corporate social responsibility (CSR), serta Pemerintah Kabupaten Jepara. Pemda Jepara mendukung aplikasi teknologi, dengan menganggarkan melalui APBD untuk instalasi APR di Pulau Panjang.

APR telah menjadi habitat baru di perairan dangkal. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan tutupan karang hidup dan kehadiran ikan karang. “Pemerintah Kabupaten Jepara telah menetapkan Pulau Panjang sebagai kawasan konservasi,” ujar Munasik.*

Exit mobile version