Kapal Aqila Terombang Ambing di Laut Bali

FOTO: BASARNAS

Jakarta – Kapal Motor (KM) Aqila yang bertolak dari Banyuwangi dan menuju Sapeken, Madura, mengalami mati mesin dan terombang-ambing di Perairan Laut Bali, Selasa (16/7).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Hari Adi Purnomo mengatakan, baru menerima informasi dari koordinator Pos SAR Jembrana. Kapal ini membawa 12 penumpang, serta 5 orang ABK dan seorang nakhoda.

Awalnya, dari Pelabuhan Gilimanuk tim SAR Jembrana dikerahkan dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat). Tim tiba di lokasi yang dimaksud pukul 13.35 Wita. Namun KM Aqila tidak ditemukan.

Dari Pelabuhan Benoa juga digerakkan KN SAR Arjuna 229 yang dipimpin Kepala Seksi Operasi dan Kesiapsiagaan, IB Surya Wirawan. Sementara tim SAR Buleleng bertolak dari Pelabuhan Celukan Bawang untuk membantu upaya pencarian menggunakan RIB.

Pada pukul 16.25 Wita, KM Aqila berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dan seluruh penumpang dan ABK dalam keadaan selamat. Nakhoda dan ABK memperbaiki mesin kapal tersebut.

KM Aqila kembali berlayar pukul 17.00 Wita untuk melanjutkan perjalanan menuju Sumenep Madura.

Operasi SAR ini melibatkan instansi dari Lanal Denpasar, VTS Benoa, Radio Bali 115 dan ORARI Buleleng.*

Exit mobile version