Katie, yang Termuda Berlayar Sendirian Keliling Inggris

Katie Mccabe, berusia 14 tahun, berlayar sendirian dengan kapal kayu mengelilingi perairan Inggris. FOTO: JUSTGIVING.COM

Darilaut – Remaja berusia 14 tahun, Katie Mccabe, yang termuda berlayar sendirian mengelilingi perairan Inggris dengan menggunakan perahu layar kayu kecil.

Tujuan Katie berlayar dengan perahu kayu sebagai bagian dari upaya untuk mengkampanyekan penghentian penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing), menghilangkan jaring hantu (ghost gear), dan sampah plastik.

Dalam situs Justgiving.com, jaring hantu atau jaring ikan bekas, pelampung, dan lain-lain adalah salah satu penyumbang plastik terbesar, dan diperkirakan membentuk lebih dari 50% dari semua plastik laut.

Jaring hantu tidak hanya mengotori laut. Tetapi sangat berbahaya bagi satwa liar laut, dan dapat mematikan, bahkan makhluk laut terbesar sekalipun.

Katie berlayar untuk mengumpulkan dana untuk organisasi nirlaba Sea Shepherds UK.

Sea Shepherd UK, seashepherd.org.uk, adalah organisasi konservasi laut nirlaba internasional yang didirikan sejak tahun 1977. Misi organisasi ini adalah untuk mengakhiri perusakan habitat dan pembantaian satwa liar di lautan dunia dan melestarikan dan melindungi ekosistem dan spesies.

Sea Shepherd UK bekerja untuk menjaga keanekaragaman hayati ekosistem laut dan memastikan kelangsungan hidup untuk generasi mendatang.

Hingga Rabu (7/7) malam, sudah ada 150 penyumbang dengan jumlah sementara £4,066 atau Rp 81.470.401.

Selain Sea Shepherd UK, donasi yang dikumpulkan Katie akan disumbangkan untuk organiasi nirlaba Lonely Whale, lonelywhale.org, yang berbasis di Amerika.

Lembaga ini melakukan kampanye sampah plastik yang banyak mencemari lingkungan. Lonely Whale berupaya mengubah perilaku individu dalam penggunaan plastik sekali pakai yang banyak berakhir di lautan.

Katie berlayar sendirian di sekitar Inggris selama musim panas tahun ini. Orang tua Katie adalah pelaut yang sudah berlayar di berbagai lautan.

Dengan bantuan ayahnya, David Mccabe, perahu layar kayu yang tergeletak dan penuh air tawar di galangan kapal di Polruan, Fowey, diperbaiki kembali.

Beberapa bagian kapal, seperti papan yang sudah membusuk di bagian lambung dan lainnya diperbaiki. Kemudian dipernis dan pengecatan.

Katie sendirian di perahunya ‘Falanda’, sementara ayahnya berlayar didekatnya. Jika berhasil, Katie akan menjadi orang termuda yang berlayar sendirian di Inggris.

Karena batasan asuransi, ayahnya akan mengikutinya di kapal sendiri. Namun, Katie sendiri yang akan melakukan semua pekerjaan navigasi.

Pelayaran ini, seperti dilansir Mdlmarinas.co.uk, akan berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Berangkat dari Exmouth, menuju Channel, menyeberangi muara Thames, dan menuju pantai timur ke Skotlandia.

Katie akan melalui Kanal Caledonian, dan kembali ke pantai barat, melalui beberapa pulau Skotlandia dan Isle of Man, serta Wales.

Kemudian akan mengitari Lands’ End dan melewati pulau Scilly lagi sebelum tiba kembali di Exe sekitar akhir Agustus.

Sumber:

https://www.justgiving.com/fundraising/falanda-roundbritain

https://www.mdlmarinas.co.uk/news/new-attempt-to-become-the-youngest-to-sail-singlehanded-around-britain-435/