Keselamatan Pelayaran untuk Nelayan Pamekasan

Baju pelampung dan pelampung untuk keselamatan dalam pelayaran. FOTO: DITJEN HUBLA

Darilaut – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membagikan sarana keselamatan pelayaran berupa life jacket (baju pelampung) dan life buoy (pelampung) untuk nelayan di Pamekasan, Jawa Timur.

Pembagian secara gratis tersebut dilakukan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Branta, Pamekasan.

“Kami telah membagikan sebanyak total 845 sarana melaut secara gratis, yang terdiri dari 220 unit life jacket, 82 unit life buoy, dan juga 543 pas kecil,” kata Kepala Kantor UPP Kelas II Branta, Edi Kuswanto.

Meski di tengah pandemik Covid-19, kegiatan ini dilaksanakan dengan mengacu pada protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dan sarung tangan kepada perwakilan nelayan atau kapal tradisional penerima manfaat.

Bantuan ini diberikan kepada pemilik kapal ikan, kapal tradisional dan nelayan di Pademawu, Branta Pesisir, Branta Tinggina, Pagagan, Padelegan, Kotasek dan Talang siring.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat, khususnya para nelayan, bahwa mereka juga turut bertanggung jawab terhadap keselamatan jiwa di laut serta perlindungan lingkungan maritim.

Selain sarana keselamatan, sedang dalam proses pembuatan 250 Pas Kecil untuk dibagikan kepada para nelayan Pamekasan.

“Saya harap, upaya yang kita lakukan ini dapat menekan angka kecelakaan kapal sehingga menjamin keselamatan jiwa di laut,” ujarnya.*

Exit mobile version