KJRI Marseille Fasilitasi Repatriasi 143 ABK Indonesia

Ilustrasi kapal pesiar Costa Smeralda. FOTO: WIKIPEDIA.ORG

Darilaut – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Marseille memfasilitasi kepulangan 143 Anak Buah Kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI). ABK tersebut bekerja di kapal pesiar Costa Smeralda yang telah berlabuh sejak 15 Maret 2020.

Para ABK telah berangkat menuju Milan pada Selasa (5/5) menggunakan bus sewaan yang disediakan manajemen kapal. Kemudian, hari ini, Rabu (6/5) kembali ke tanah air dengan menggunakan pesawat charter menuju Jakarta dan Denpasar.

KJRI Marseille dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma terus berkoordinasi untuk memonitor proses repatriasi keseluruhan ABK WNI yang bekerja di grup Costa.

Termasuk memastikan bahwa seluruh ABK menjalani tes Covid-19, diberikan sertifikat kesehatan, berkoordinasi dengan pihak Prinsipal grup Costa dan memastikan perizinan pesawat charter telah diberikan.

Terdapat total 253 ABK WNI di Kapal Costa Smeralda. Sebanyak 84 orang harus menunggu kepulangannya ke Indonesia karena positif Covid-19. Saat ini para WNI tersebut menjalani proses karantina di atas kapal.

“KJRI Marseille terus memonitor kondisi para ABK WNI yang berada di atas kapal sejak mereka merapat di Marseille, terutama memberikan dukungan moril bagi awak yang khawatir akan kondisi mereka dan memastikan seluruh kebutuhan dan hak mereka terpenuhi,” ujar Acting Konsul Jenderal RI Marseille Erie Noer Bawono.

Para ABK tersebut dijamin proses kepulangannya oleh pihak kapal. Meski demikian, para awak yang sedang sakit terlebih dahulu harus sembuh dan diberikan izin oleh otoritas pelabuhan untuk turun dari kapal.

Di samping awak yang dipulangkan dan sedang menjalani perawatan, saat ini juga terdapat 26 ABK WNI yang sedang mempertimbangkan untuk untuk tetap tinggal dan bekerja di atas kapal.

Mereka telah menerima tawaran dari pihak Costa Smeralda untuk terus bekerja dan memastikan operasional kapal tetap berjalan.

Meski 143 ABK WNI Costa Smeralda telah dipulangkan, proses pelindungan WNI yang dilakukan KJRI Marseille belum usai.

KJRI Marseille akan tetap memantau dan memfasilitasi seluruh ABK yang saat ini masih berada di atas kapal Costa Smeralda sampai sembuh dan pulang kembali ke tanah air.*

Exit mobile version