KRI Tjiptadi-381 Tangkap 2 Kapal Ikan Vietnam Pelaku Illegal Fishing

FOTO: TNIAL.MIL.ID

Jakarta – Kapal Republik Indonesia (KRI) Tjiptadi-381, menangkap 2 kapal ikan asing Vietnam yang kedapatan melakukan kegiatan illegal fishing di Laut Natuna Utara, Selasa (2/7).

Penangkapan ini berawal saat KRI Tjiptadi-381 melakukan patroli terbatas di wilayah Perairan Indonesia mendapatkan 2 kontak kapal ikan Vietnam sedang melaksanakan kegiatan illegal fishing dengan cara menarik jaring di wilayah Perairan Indonesia. Tepatnya di Laut Natuna Utara pada posisi 05°45′ 64″ U – 108° 56′ 13″ T dan 05° 47′ 93″ U – 108° 44′ 82″ T.

Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Tjiptadi-381 melaksanakan Pengejaran, Penangkapan dan Penyelelidikan (Jarkaplid) dilanjutkan proses pemeriksaan dan penggeledahan terhadap dokumen, ABK, dan muatan terhadap kedua kapal tersebut.

Hasil pemeriksaan diketahui nama kapal KIA BV 9928 TS, kebangsaan Vietnam, nakhoda Lu Ku Kiet, anak buah kapal (ABK) 14 WNA Vietnam. Kapal ikan ini dengan muatan peralatan perikanan dan es.

Kemudian, kapal ikan BV 9989 TS, kebangsaan Vietnam, nakhoda Tao dan ABK 3 WNA Vietnam. Dengan muatan peralatan perikanan dan es.
Saat ditangkap, kedua kapal ikan Vietnam tersebut sedang melaksanakan kegiatan perikanan dengan cara menarik jaring di wilayah Perairan Indonesia.

Berdasarkan dugaan pelanggaran tersebut, maka Komandan KRI Tjiptadi-381 Letkol Laut (P) Dadan Hamdani memerintahkan agar kedua kapal Vietnam BV 9928 TS dan KIA BV 9989 TS dikawal menuju ke pangkalan terdekat dalam hal ini Lanal Ranai guna proses hukum lebih lanjut.

Penangkapan kapal ikan asing tersebut merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam hal ini Koarmada I dalam penegakan kedaulatan dan hukum di laut. Hal tersebut sesuai dengan perintah Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, bahwa unsur KRI Koarmada I agar meningkatkan patroli di perbatasan, tidak ragu dalam menindak tegas segala bentuk pelanggaran dan aktivitas illegal, serta pencurian sumber daya alam yang ada di perairan Indonesia bagian barat.*

Exit mobile version