Pabrik Es Balok dan Cold Storage Sudah Beroperasi di SKPT Sebatik

Pabrik es curah dan es balok di SKPT Sebatik. FOTO: DARILAUT.ID

BERBEDA dengan tahun lalu, kini di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, sudah memiliki pabrik es balok. Begitu pula dengan cold storage untuk penanganan setelah penangkapan ikan.

Tahun lalu, hasil identifikasi yang dilakukan PT Zetta Media Inspira (Zetmi), adanya pabrik es batu dan cold storage banyak dikeluhkan nelayan Sebatik.

Identifikasi awal ini dilakukan PT Zetmi sebagai pembuat aplikasi “Nelayan Nusantara” bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menurut Business Planning & Development Chief PT Zetta Media Inspira (Zetmi), Syarif Maulana, permasalahan yang dihadapi nelayan di Sebatik, antara lain pabrik es batu. Identifikasi terhadap 20 kelompok nelayan di Sebatik, mengharapkan adanya pabrik es yang dibangun pemerintah.

20 kelompok nelayan di Sebatik ini masing-masing Buana Bahari, Mutiara Tasik, Sebatik Lestari, Maju Bersama dan Laskar Pelangi.

Kemudian Bone Raya, Merah Putih, Tunas Harapan, KUB Sipamase-mase, Murata Harapan Sebatik, Sinar Nelayan, Laskar Mandiri dan Surya Mandiri. Selanjutnya, Gusung Burung, Putra Nelayan, Sinar Abadi, Cahaya Terang, Anca Jaya, Cahaya Mas dan Sinar Nelayan Ambalat.

Kini, di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Sebatik terdapat dua pabrik es batu dan cold storage.

Cold storage dan pabrik es balok di SKPT Sebatik. FOTO: DARILAUT.ID

Kepala Unit Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Sebatik Iswadi Rachman mengatakan, saat ini sudah ada dua pabrik es batu di SKPT Sebatik. Setiap hari dua pabrik es batu yang berada dalam kawasan SKPT membuat es batu.

Es batu ini dibuat Koperasi Serba Usaha “Bintang Harapan”. Koperasi ini membuat es curah dan es balok. Kemudian, Koperasi Syariah Bina Masyarakat Sejahtera yang juga membuat es balok.

Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Analisis Pengelolaan Sumberdaya Ikan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Syahril Abd Raup, pada Selasa (2/7) pekan lalu, mengecek aktivitas pembuatan es balok dan es curah di SKPT Sebatik.

Adapun untuk cold storage, menurut Syahril, yang dibangun di SKPT Sebatik memiliki kapasitas hingga 50 ton. Namun, ini belum sepenuhnya dimanfaatkan nelayan dan pelaku usaha di Sebatik.

Cold storage ini penting bagi nelayan dan pelaku usaha perikanan. Karena cold storage sebagai salah satu penunjang setelah ikan ditangkap dan didaratkan.*

Exit mobile version