Menikmati Eksotisme Pulau Papan

Pulau Papan di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. FOTO: CHRISTOPEL PAINO

Pulau Papan adalah salah satu jajaran pulau yang berada di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Pulau ini menjadi salah satu tempat yang populer bagi sebagian besar traveler atau pelancong, baik dalam dan luar negeri. Bahkan sebagian dari mereka sengaja memilih Pulau Papan sebagai tempat untuk menyepi, menghilangkan penat dan kebisingan kota. Tentu saja karena di pulau ini memang tidak memiliki signal telekomunikasi.

“Pulau Papan itu eksotik. Saya di Pulau Papan menghabiskan waktu bercengkrama dengan masyarakat. Bermain dengan anak-anak. Menikmati rumah-rumah yang penghuninya saya tahu sebagian besar adalah suku Bajo,” kata Peter, salah seorang backpacker dari Prancis.

Pulau Papan terbilang unik. Rumah-rumah dikelilingi oleh laut namun terhubung ke daratan Pulau Malenge, yakni di Desa Kadoda. Penghubung tersebut adalah jembatan kayu sepanjang 1 kilometer. Jembatan dari papan ini yang kemudian menjadi ikon, hingga kemudian terkenal dengan sebutan Pulau Papan. Jembatan kayu ini pula yang menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

Di Pulau Papan pengunjung bisa menikmati langsung keindahan bawah laut dengan sederhana, yaitu cukup snorkling di sekitar jembatan kayu maka kita bisa melihat terumbu karang yang masih bagus. Setiap saat pengunjung juga bisa melihat aktifitas masyarakatnya mencari ikan dan gurita tidak jauh dari jembatan.

 

Exit mobile version