Nonton Gerhana Matahari di Berbagai Wilayah

Pengamatan Gerhana Matahari Cincin sebagian dari Aceh Besar, Minggu 21 Juni. YOUTUBE BMKG

Darilaut – Peristiwa Gerhana Matahari Cincin dapat disaksikan Minggu (21/6) siang hingga sore hari ini. Para pengamat telah menyiapkan berbagai peralatan untuk melihat dan memotret gerhana matahari tersebut.

Bagi warga di DKI Jakarta dan tempat-tempat yang tidak dapat menyaksikan secara langsung gerhana matahari ini, dapat menonton secara langsung melalui Youtube.

Untuk negara-negara Asia Timur, tayangan Gerhana Matahari Cincin dapat disaksikan melalui Malaysia- East Asia Universe Awareness Solar Eclipse 2020 (MY-EAUNIVASE) https://www.youtube.com/watch?v=NIao4IY-VvU.

Tayangan gerhana matahari negara-negara Asia Timur ini merupakan kolaborasi @apadilangit dan #Myeaunivase.

Di Indonesia Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiarkan secara langsung Gerhana Matahari Cincin sebagian dari berbagai wilayah di Indonesia. Untuk menonton melalui www.bmkg.go.id/GMC.

Lokasi-lokasi pengamatan Gerhana Matahari BMKG berada di Bantul, Lembang, Karangkates, Anyer, Padang Panjang, Medan, Deli Serdang, Aceh Besar, Semarang, Manado, Donggala, Takalar, Gowa, Kupang, Alor, Waingapu, Denpasar, Jayapura 1, Jayapura 2, Ambon dan Ternate.

Khusus di Aceh Besar, pengamatan dilakukan oleh tim Stageof Aceh Besar dari Lhoong. Siaran langsung dapat disaksikan melalui https://www.youtube.com/watch?v=d6Sb5cp_8WM&feature=emb_title.

Di Manado, pengamatan Gerhana Matahari Cincin dilakukan oleh tim Stageof Manado dari Halaman Kantor Stageof Manado.

Selain itu, siaran langsung Gerhana Matahari sebagian sore ini juga disiarkan oleh LAPAN BPAA Pontianak pukul 13:00 WIB di https://www.youtube.com/watch?v=GqLQnrQ0Dis.*

Exit mobile version