Peran Tol Laut di Kepulauan Tanimbar

Tol laut. FOTO: DARILAUT.ID

Darilaut – Di masa pandemi virus corona Covid-19, peran tol laut menjadi salah satu andalan masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Kepala Kantor UPP Kelas II Saumlaki, Capt Hasan Sadili Sabtu (10/10) mengatakan, kapal tol laut trayek T-17 yang dioperasionalkan PT Temas Shipping tiba di pelabuhan Saumlaki. Kapal ini membawa 100 kontainer terdiri atas 48 kontainer tol laut dan 52 kontainer regular.

Menurut Hasan, tol laut tujuan Saumlaki menjadi andalan bagi para pelaku usaha di Kabupaten Kepulauan Tanimbar di tengah pembatasan transportasi laut yang ditetapkan untuk kapal-kapal perintis penumpang dan kargo di Kepulauan Tanimbar.

Hasan mengatakan, kapal tol laut yang beroperasi Tahun 2020 dengan Operator PT Temas Shipping sudah sangat baik melayani Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan rutin setiap 20 hari menyinggahi pelabuhan Saumlaki.

Kabupaten Kepulauan Tanimbar banyak menghasilkan komoditi unggulan daerah seperti kopra, rumput laut dan kayu. Rata-rata komoditi unggulan tersebut mencapai 20 sampai 30 kontainer per bulan yang dikirimkan dengan kapal tol laut ke Surabaya.

Namun, sangat disayangkan kuota muatan balik untuk pelabuhan Saumlaki hanya berjumlah 13 kontainer. Sehingga sisa kontainer harus dikirim dengan menggunakan tarif reguler.

Kepala UPP Saumlaki mengharapkan ada penambahan kuota muatan balik untuk pelabuhan Saumlaki.

Muatan balik yang di kirimkan dengan kapal tol laut Sabtu (10/10) berjumlah 24 kontainer dengan 13 kontainer muatan balik tol laut dan 11 kontainer muatan balik dengan tarif reguler.

Hasan mengatakan, dalam waktu dekat pembatasan kapal perintis di Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan selesai. Sehingga nantinya masyarakat dan para pelaku usaha dapat mengirimkan kebutuhan pokok tidak hanya menggunakan kapal tol laut angkutan barang.

Masyarakat dan pelaku usaha dapat menggunakan kapal perintis penumpang dan kargo yang juga di subsidi oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

Exit mobile version