World Cleanup Day 2019 di Indonesia akan Libatkan 13 Juta Relawan

FOTO: DOK. ISTIMEWA

Jakarta – World Cleanup Day (WCD) 2019 akan berlangsung pada 21 September 2019. WCD serentak ini akan melibatkan sebanyak 13 juta relawan di Indonesia.

“Semoga semakin hari pengelolaan sampah di daerah semakin baik dan kesadaran masyarakat terhadap sampahnya sendiri semakin meningkat,” kata Renald Yude, salah satu delegasi dari Kepulauan Riau yang mengikuti kegiatan Leaders Academy 2019 di Bali, Selasa (18/6).

Menurut Renald, kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk mengulangi kesuksesan Indonesia pada pelaksanaan Aksi CleanUp terbesar di dunia, sebagai jumlah relawan terbanyak tahun lalu.

Setelah sukses dengan kegiatan World Cleanup Day 2018, Let’s Do It World yang melibatkan 18 juta relawan pada cleanup serentak di 157 negara, kembali mengadakan Leaders Academy 2019. Tahun ini, Let’s Do It World memilih Indonesia sebagai tuan rumah untuk Leaders Academy Asia & Oceania 2019.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah atas prestasi yang telah terbukti dan ditunjukkan kepada dunia karena tahun lalu berhasil memimpin aksi cleanup terbesar di dunia yang melibatkan 7,6 juta relawan.

Kegiatan Leaders Academy Asia & Oceania ini dihadiri 19 negara dengan jumlah 120 peserta yang semuanya adalah leaders yang memimpin cleanup di negaranya masing-masing. Untuk Indonesia, 29 provinsi hadir mengikuti training khusus leaders ini.

Leaders Academy tahun ini sangat spesial, karena untuk pertama kalinya digabung Asia dan Oseania. Kita bangga menjadi tuan rumah dan Bali yang dipilih adalah provinsi yang sangat tepat yang selama ini telah menjadi inspirasi untuk provinsi lainnya di Indonesia,” ujar Agustina Iskandar, leader World Cleanup Day Indonesia yang juga merupakan Koordinator untuk Asia.

FOTO: DOK. ISTIMEWA

Leaders Academy Asia & Oceania 2019 dilaksanakan pada 13-16 Juni di Hotel Ramada Sunset Road Bali dihadiri langsung oleh perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan dan Kehutanan, dan Pemerintah Bali. Kegiatan ini dihadiri oleh tim Head Quarter Let’s Do It World dari Estonia.

Menurut Head of Global Network-Let’s Do It World, Heidi Solba, Leaders Academy ada di 5 region termasuk di Afrika, Latin Amerika dan lainnya. Untuk region Asia diadakan di Bali, Indonesia. Training ini adalah inspirasi untuk semua orang.

Heidi mengatakan, energi dari para leader yang datang ke sini dari berbagai negara memotivasi satu sama lain untuk berbuat lebih lagi untuk planet ini. Kerja sama yang terbangun antara pemerintah dari berbagai stakeholders menjadi gerakan ini semakin kuat. “Bahagia berada di sini bersama para leaders ini,” kata Heidi.

World Cleanup Day ini diinisiasi oleh Lets Do It World di Estonia yang memulai aksi sejak 2008. Namun World Cleanup Day sendiri adalah yang pertama dilaksanakan di dunia pada 15 September 2018 melibatkan 157 negara di dunia dan mengumpulkan lebih dari 18 juta relawan bergabung dalam aksi cleanup tersebut.

World Cleanup Day di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh Let’s Do It Indonesia yang merupakan organisasi dibawah naungan Let’s Do It World Movement pada tahun 2014. Namun, untuk pergerakan di Indonesia, WCDI 2019 digerakkan oleh core team nasional yang terdiri dari 11 organisasi dan lembaga yaitu Let’s Do It Indonesia, DFW Indonesia, Indorelawan, Trash Hero Indonesia, Social Designee, Gerakan Mari Berbagi, Gerakan Pramuka Indonesia, Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih, Clean Action, Qlue dan JCI Indonesia.*

Exit mobile version