Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa, Berlayar Gembira, Belajar tentang Laut

Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa

FOTO: ABDI LATIEF/TIM EPBN

Buton Tengah – Kapal layar motor (KLM) Pinisi Pusaka Indonesia tiba di Teluk Liana Banggai, Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara. Berbagai kegiatan bersama digelar tim Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa (EPBN) ditempat ini, seperti berlayar gembira (joy sailing) dan belajar tentang laut.

Koordinator Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa Trip I, Adhe Suraatmaja mengatakan, kegiatan joy sailing diikuti siswa setempat. Di atas kapal pinisi, puluhan anak-anak, berlayar di sekitar Teluk Liana Banggai.

Sambil berlayar, anak-anak ini mendapat pembekalan tentang laut. Kegiatan ini digelar siang hari. Di atas kapal anak-anak berlayar sambil belajar.

FOTO: ABDI LATIEF/TIM EPBN

Tim EPBN memberikan materi-materi seperti keamanan di laut, kebersihan laut (sampah plastik) dan tentang kapal pinisi.

Menurut salah satu Tim EPBN Abdi Latief, anak-anak ini juga mendapat bekal mengenai setiap sebagian kapal pinisi. Selain itu, peserta joy sailing nonton bareng film-film edukasi yang ada dalam perpustakaan di kapal Pinisi Pusaka Indonesia.

Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa kerja sama Yayasan Makassar Skalia (YMS) dan Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) yang akan menempuh pelayaran 11 ribu mil lebih, selama sembilan bulan.

Sepanjang pelayaran tersebut, tim Ekspedisi akan singgah di sejumlah titik di pulau-pulau, pesisir dan pelabuhan di Indonesia.*

Exit mobile version