Tim Ekspedisi Pinisi Simulasi Pelayaran

FOTO: DOK. TIM EKSPEDISI

Makassar – Tim ekspedisi pinisi melakukan ujicoba dan simulasi pelayaran di Selat Makassar. Kegiatan ini berlangsung mulai 26 hingga 30 Agustus.

Koordinator tim Ekspedisi Bagi Negeri Moh Abdi Suhufan mengatakan, simulasi ini dengan tujuan untuk melakukan serangkaian kegiatan di atas kapal, seperti bakti lapangan di pesisir dan pulau-pulau kecil oleh kru kapal, serta tim program ekspedisi. “Ujicoba dan simulasi di perairan Spermonde dan Pare-Pare,” kata Abdi, Minggu (26/8).

Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa merupakan kerja sama Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) dan Yayasan Makassar Skalia (YMS). Melalui ekspedisi ini diharapkan dapat mengobarkan jiwa kebaharian sebagai negara kepulauan.

Dalam pelaksanaan ekspedisi, tim akan melakukan bakti sosial pesisir dan pulau-pulau. Kemudian melakukan riset dan pendokumentasian, diskusi dan talkshow tematik, serta kebutuhan masyarakat di titik-titik singgah selama ekspedisi.

Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa melalui pelayaran selama satu tahun, akan berlabuh di 74 pulau-pulau dan pesisir strategis di Indonesia. Seperti di kawasan konservasi laut, destinasi wisata dan pulau-pulau di perbatasan.*

Exit mobile version