Arus Balik, KM Dobonsolo Angkut 1.542 Penumpang Mudik Gratis dengan Sepeda Motor

KM Dobonsolo. FOTO: HUBLA

Jakarta – Sebanyak 1.542 penumpang mudik gratis dengan sepeda motor diangkut KM Dobonsolo dari Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (8/6). Arus balik ini menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan membawa 665 unit sepeda motor.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melepas keberangkatan (voyage) perdana KM Dobonsolo. Pelepasan ini dilakukan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt Wisnu Handoko, didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Ahmad Wahid dan para pejabat serta stakeholders terkait di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Wisnu mengatakan, keikutsertaan masyarakat dalam memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. “Selain itu dengan mudik naik kapal, mereka bisa istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Jakarta bisa melanjutkan perjalanan ke rumah masing-masing,” kata Wisnu.

Arus balik mudik gratis sepeda motor dengan KM Dobonsolo yang dioperatori PT Pelni sebanyak 3 (tiga) kali voyage, yaitu pada tanggal 8, 10, dan 12 Juni 2019.

“Alhamdulillah hingga hari ini, pendaftar arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut sudah mencapai lebih dari 76 persen,” ujar Wisnu.

Berikutnya KM Dobonsolo akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 10 dan 12 Juni 2019. Keberangkatan ini dilakukan setiap pukul 16.00 WIB dan diperkirakan akan tiba di Jakarta pada pukul 06.00 WIB keesokan harinya.

Sebelumnya, mudik gratis sepeda motor dengan kapal dari Jakarta ke Semarang telah dilaksanakan pada tanggal 30 Mei, tanggal 1 Juni, dan 3 Juni 2019. Tingkat keterisian kapalnya mencapai 86 persen.

Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal merupakan salah satu dukungan pemerintah untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2019 ini, yaitu “Mudik Bareng, Asyik Lancar”.

Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini, tidak dikenakan biaya apapun serta bisa menikmati fasilitas lainnya seperti berobat secara gratis dan hiburan di atas kapal.*

Exit mobile version