Harry & Mimin Homestay: Datang Sebagai Tamu, Pulang Sebagai Teman

Wisatawan asing berfoto bersama keluarga besar Harry & Mimin Homestay. FOTO: DOKUMENTASI HARRY & MIMIN HOMESTAY.

Gorontalo – Bagi para pelancong atau traveller di luar negeri, sebuah homestay yang terletak di Kota Gorontalo ini begitu terkenal. Namanya adalah Harry & Mimin Homestay. Lokasinya tepat berada di jantung kota, yaitu di Kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulondalangi.

Homestay ini menjadi langganan para wisatawan asing. Konsep kekeluargaan yang ditawarkan kepada tamu-tamu mancanegara menjadi daya tarik mereka. Dalam situs www.homestay.com, disebutkan bahwa homestay Harry & Mimin menawarkan contoh keramahtamahan asli Indonesia, dengan tinggal bersama keluarga besar Harry Gobel dan Mimin.

“Rumah kami sangat sederhana. Jangan berharap mewah. Inilah cara hidup kami,” begitu salah satu pengantar yang ditulis dalam situs www.homestay.com.

Selain itu, dalam penjelasan mengenai homestaynya, disebutkan bahwa Mimin menawarkan kepada tamu-tamu untuk memasak dalam bentuk kelas memasak. Kelas memasak dimulai dari belanja ke pasar tradisional, kemudian memasak bersama, hingga menyantap bersama pula dengan cara orang Indonesia, terutama dalam budaya Gorontalo.

Homestay Harry & Mimin juga akan mengatur semua perjalanan para tamu yang akan menuju pelabuhan atau bandara. Umumnya tamu mancanegara homestay ini adalah para pelancong yang hendak berkunjung ke Kepulauan Togean atau setelah balik dari Kepulauan Togean, kemudian menginap di homestay mereka.

“Namun setelah melihat atau mendengar konsep keramahtamahan yang kami tawarkan kepada tamu-tamu asing, atau tentang budaya Gorontalo, mereka menjadi betah. Ada yang rencananya hanya menginap sehari, namun memperpanjang hingga seminggu,” ungkap Harry Gobel, pemilik homestay.

Bahkan ada tamu mancanegara yang datang ke Gorontalo tidak dalam rangka melakukan perjalanan liburan, baik itu ke Togean atau ke daerah-daerah wisata lainnya, melainkan hanya untuk merasakan keramahtamahan homestay Harry & Mimin.

“Prinsip kami, mereka datang sebagai tamu, dan pulang sebagai teman. Bahkan ada yang terkesan hingga menganggap kami adalah keluarga mereka,” tambah Harry lagi.

Untuk tarif, homestay Harry & Mimin sangat terjangkau. Jika booking-an dilakukan dengan cara online maka harganya adalah Rp 145.000 per hari. Jika tamunya datang sendiri, maka harganya hanya Rp 125.000 perhari.

Karena konsep keramahtamahan dan berbaur dengan keluarga tersebut, banyak wisatawan asing merekomendasikan homestay Harry & Mimin kepada sesama kolega mereka. Bahkan tak segan-segan wisatawan asing tersebut memberikan pujian bahwa homestay Harry & Mimin adalah homestay terbaik di Indonesia.

“Tinggal bersama di homestay Harry & Mimin adalah pengalaman yang luar biasa. Mereka akan melakukan apa pun untuk membuat anda merasa seperti berada di rumah. Mereka menunjukkan kepada kami tentang keindahan Gorontalo,” ungkap Marjolein, salah seorang wisatawan asing di situs TripAdvisor.

 

 

Exit mobile version