KRI Albakora-867 Temukan Nelayan Sorong Terapung-apung di Laut

KRI Albakora-867 berhasil menyelamatkan Awud Waroke (38 tahun) nelayan asal Sorong saat perahunya terbalik dan terapung-apung di laut. Awud melaut untuk mencari ikan di perairan Selat Sele, sebelah Utara Pulau Wawya, Sorong, Papua Barat, Minggu (6/9). FOTO: TNIAL.MIL.ID

Darilaut – KRI Albakora-867 berhasil mengevakuasi Awud Waroke (38 tahun) nelayan asal Sorong, Papua Barat, Minggu (6/9). Awud ditemukan dengan kondisi perahu terbalik dan terapung-apung di perairan Selat Sele, sebelah Utara Pulau Wawya, Sorong.

Saat dievakuasi oleh anak buah kapal (ABK) KRI Albakora-867, kondisi Awud cukup mengkhawatirkan. Tenaganya sudah lemas dan tingkat kesadaran berkurang.

Menurut Komandan KRI Albakora-867 Mayor Laut (P) Joko Ariyanto, proses penyelamatan saat KRI Albakora-867 berhome base di Satrol Lantamal X sedang melaksanakan patroli rutin di perairan Sorong untuk Operasi Trisakti-20 BKO Guskamla Koarmada III Sorong.

Pada pukul 14.45 WIT, posisi 0°58.5S-131°12.6T petugas jaga yang sedang melakukan pengawasan melaporkan kepada perwira jaga bahwa ada sebuah objek yang mencurigakan terapung-apung. Perwira jaga meminta juru mudi untuk mendekati objek tersebut.

Pukul 15.00 WIT, pada posisi 0°58.5S-131°12.6T, objek tersebut teridentifikasi sebuah perahu yang sudah terbalik bersama seorang korban.

Joko Ariyanto kemudian memerintahkan kepada prajuritnya untuk segara mengevakuasi korban dengan menerjunkan Sea Rider yang onboard di KRI Albakora.

Pukul 15.05 WIT, korban telah berhasil dieavakuasi menggunakan Sea Rider dan dibawa menuju ke atas KRI Albakora. Selanjutnya korban diperiksa kesehatannya oleh prajurit Bintara Kesehatan.

Setelah dirawat oleh petugas medis, berangsur-angsur kondisi Awud Waroke mulai membaik, meskipun terlihat masih diselimuti rasa trauma.

ABK KRI juga mengevakuasi perahu milik Awud Waroke untuk dinaikan di atas kapal.

Selanjutnya korban beserta perahu dibawa menuju Dermaga Lantamal XIV Sorong untuk diserahkan ke keluarganya.*

Exit mobile version