Longsor, Banjir dan Angin Kencang Menerjang Padang Pariaman, Kaur dan Aceh Barat

FOTO: BPBD Kabupaten Padang Pariaman/BNPB

Darilaut – Tanah longsor, banjir dan angin kencang menerjang Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, menewaskan 4 warga setempat. Sementara banjir dan angin kencang juga terjadi Kabupaten Kaur Bengkulu dan Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Curah hujan yang sangat tinggi disertai angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Padang Pariaman, menyebabkan berbagai bencana hidrometeorologi, antara lain banjir, banjir bandang, tanah longsor serta angin kencang, Rabu (29/9).

Peristiwa ini menyebabkan korban jiwa sebanyak 4 orang meninggal dunia akibat tanah longsor dan lima orang luka-luka serta kurang lebih 72 orang mengungsi.

Banjir juga merendam 338 unit rumah, 80 hektar lahan pertanian, satu unit fasilitas ibadah dan satu unit fasilitias Pendidikan. Saat terjadi banjir, tinggi muka air berkisar antara 75 hingga 200 cm.

Dampak kerusakan material akibat angin kencang menyebabkan 12 unit rumah rusak berat, 10 unit kios atau warung rusak serta 30 kendaraan motor rusak.

Selain itu, juga terdapat pohon tumbang yang menimpa badan jalan provinsi akibat angin kencang sehingga mengganggu akses lalu lintas dari Bandara Minangkabau ke Padang Pariaman dan mengalami kemacetan.

BPBD Kabupaten Padang Pariaman juga masih mengalami kendala dalam giat penanganan bencana dikarenakan terbatasnya peralatan dan kondisi wilayah yang terdapat banyak titik bencana.

Di Kabupaten Kaur, terdapat tiga kecamatan dan dua desa di Kabupaten Kaur yaitu, desa Kasuk Baru, Kecamatan Tetap, desa Banteng Harapan, Kecamatan Maje dan Kecamatan Kaur Selatan yang terendam banjir dan tanah longsor.

Banjir yang melanda Kecamatan Kaur selatan dan Maje telah menyebabkan 1.501 rumah terendam air dengan ketinggian 40 – 120 Cm, satu sawah rusak ringan dan 1 rumah semi permanen mengalami rusak berat.

Terdapat 4 titik jalan menuju Kabupaten Kaur dan desa Babat harus mengalami rusak ringan akibat terendam air. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

BPBD Kabupaten Kaur bersama instansi terkait telah melakukan kaji cepat di daerah terdampak. BPBD Kabupaten Kaur juga membantu masyarakat dengan mendistribusikan logistik dan rehabilitasi mental serta rekonstruksi bangunan yang rusak. Kondisi terkini Kabupaten Kaur, masyarakat masih

Hujan disertai angin kencang menyebabkan tiga rumah warga dan satu unit sekolah dasar di Gampong Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, rusak di bagian atap, Jumat (1/10).

Berdasarkan hasil kaji cepat sementara oleh Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, peristiwa tersebut juga berdampak kepada 11 jiwa dari 3 KK. Tidak ada korban jiwa meninggal dunia atas kejadian tersebut.

Saat ini warga yang tertimpa musibah tersebut mulai memperbaiki dan membersihkan puing-puing bangunan.

Exit mobile version