Mati Mesin, Penumpang KM Tiga Putri 2 Ditemukan Selamat di Perairan Belang

FOTO: BASARNAS

Darilaut – Sebanyak 23 penumpang dan anak buah kapal KM Tiga Putri 2 yang mengalami mati mesin di perairan Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, ditemukan selamat.

Kapal yang juga memuat bahan campuran 50 ton ini mati mesin pada Minggu (5/9) diselamatkan kapal perikanan di perairan Belang, Sulawesi Utara, Jumat (10/9).

Kepala Basarnas Palu Andrias Hendrik Johannes mengatakan informasi terkait penemuan kapal KM Putri 2 diperoleh dari Kalak BPBD Taliabu (Maluku Utara) Sutomo. KM Putri 2 telah ditemukan kapal perikanan KM Aldira pukul 19.00 Wita saat sedang melintas di perairan Belang.

Seluruh crew dan penumpang dalam keadaan selamat. Kapal telah ditarik ke Pelabuhan Belang, Provinsi Sulawesi Utara. Lokasi temuan berjarak sekitar 125 NM dari tempat kejadian.

Setelah tiba di pelabuhan Belang, pihak terkait langsung melakukan pendataan awak kapal dan penumpang. Hasil pendataan jumlah POB 23 orang.

“Saat laporan awal diterima POB berjumlah 8 orang, namun setelah KM Tiga Putri 2 ditemukan dan dilakukan pendataan ulang ternyata jumlah POB 23 orang,” katanya.

Sebelumnya pencarian telah dilakukan selama empat hari dengan menggunakan KN SAR Bhisma 209.

Selain itu, juga dilakukan pemapelan ke Basarnas Manado, Gorontalo dan Ternate melalui SROP setempat.

Selama pencarian tim SAR gabungan terkendalah cuaca dengan tinggi gelombang 1,5 hingga 2,5 meter.

Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR ditutup dan unsur SAR yang terdiri dari Personil Pos SAR Luwuk, crew KN SAR Bhisma, KPLP Luwuk, KP3 Laut, Pol Airud Sulteng kembali ke kesatuannya masing-masing.

Kapal KM Tiga Putri 2 GT (gross tonnage) 67 dengan rute pelabuhan Bapenu Pulau Taliabu tujuan pelabuhan Luwuk Banggai, Laut Maluku.

Exit mobile version