Pemanfaatan GPS Untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan Rajungan

Rajungan. FOTO: DARILAUT.ID

Darilaut – Tim Universitas Diponegoro (Undip) memberikan pelatihan pemanfaatan Global Position System (GPS) kepada Nelayan di Desa Teluk Awur Jepara, Jawa Tengah. Melalui pelatihan ini diharapkan nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan rajungan.

Melansir Undip.ac.id, dengan penggunaan teknologi GPS dapat diketahui untuk penentuan fishing ground atau daerah penangkapan ikan, khususnya rajungan.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Departemen Oseanografi, Pusat Kajian Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Pesisir (CoREM) dan Pusat Kajian Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu (Center for ICZM).

Materi pelatihan diberikan oleh Dr.Sc. Anindya Wirasatriya, dari departemen Oseanografi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, sekaligus tim peneliti CoREM dan Dr. Aris Ismanto, selaku tim peneliti dari Center for ICZM.

Pelatihan ini diberikan kepada masyarakat Kelompok Usaha Bersama (KUB) Jasa Laut dan KUB Sido Makmur Jepara.

Kegiatan berlangsung pada bulan Mei lalu tersebut dimulai dengan sosialisasi tatap muka dari pihak Undip mengenai manfaat dan cara mengoperasikan GPS. Kegiatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penularan wabah COVID-19.

Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan terjadi diskusi yang cukup intensif. Setelah kegiatan sosialisasi tersebut, dilakukan tinjauan lapangan bersama yang kemudian diikuti dengan penyerahan modul penggunaan GPS, serta dua buah GPS kepada warga pesisir Teluk Awur.

Kabupaten Jepara memiliki sumber daya laut yang cukup potensial, termasuk di antaranya rajungan.

Melalui pelatihan ini, diharapkan ke depan masyarakat khususnya nelayan dapat lebih mandiri dan mampu mengoptimalkan hasil tangkapan demi meningkatkan kesejahteraan mereka.

Exit mobile version