Terbakar, Penumpang dan ABK KM Santika Nusantara Selamat

FOTO: DITJEN HUBLA

Jakarta – Semua penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) kapal Ro-Ro (roll on – roll off) KM Santika Nusantara selamat saat terbakar Kamis (22/8) malam pukul 20.45 WIB. Kapal 12.968 Gros Ton (GT) dengan rute Surabaya – Balikpapan ini terbakar di perairan Laut Utara Pulau Masalembo Jawa Timur.

Menurut Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad, api di kapal KM Santika Nusantara berhasil dipadamkan dan yang tersisa saat ini tinggal asap tebal. Mesin kapal juga sudah dimatikan total.

Ahmad mengatakan, KM Santika Nusantara mengangkut sebanyak 111 penumpang dan 84 unit kendaraan. Beberapa kapal yang melintas di lokasi tersebut, seperti KM Dobonsolo, KM Sinabung, KM Swarna Bahtera, KM Gading Nusantara dan KM Mila Utama diminta untuk dapat membantu evakuasi para penumpang KM Santika Nusantara.

Informasi dari Automatic Identification System atau AIS Stasiun Radio Pantai (SROP) Masalembo dilaporkan ada 5 kapal yang mendekat ke lokasi kejadian. Masing-masing KMP Dharma Ferry, MV Sumatra Leader, MV Spil Citra, KM Selatan Damai dan TB Bintang Mutiara.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Masalembo, Taufikur Rahman mengatakan bahwa pihaknya bersiaga di Pelabuhan dan menyiapkan Posko Penanganan Kejadian tersebut.*

Exit mobile version