1000 Awak Kapal Pesiar dari Barbados Kembali ke Tanah Air

FOTO: KEMLU

Darilaut – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bogota memfasilitasi lebih dari 1000 awak kapal pesiar dari Barbados kembali ke Indonesia.

KBRI Bogota mencatat, selama bulan April dan Mei 2020, telah memfasilitasi pemulangan anak buah kapal (ABK) WNI dalam beberapa gelombang yang seluruhnya diberangkatkan dari Bridgetown, Barbados.

Pada 7 April KBRI Bogota memfasilitasi sebanyak 266 orang dan 2 Mei sebanyak 211 orang. Selanjutnya, gelombang ketiga melalui penerbangan tanggal 11 Mei sebanyak 433 orang, tanggal 12 Mei sebanyak 440 orang dan tanggal 13 Mei sebanyak 203 orang.Para ABK WNI ini bekerja di berbagai kapal pesiar milik beberapa perusahaan di Amerika Serikat yang menyediakan jasa pelayaran wisata di kawasan Karibia dan Atlantik.

Duta Besar Republik Indonesia di Bogota, Priyo Iswanto, mengatakan, fasilitasi pemulangan ABK WNI ini merupakan bentuk kepedulian Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk melindungi warganya.

Untuk keberhasilan pemulangan Dubes Priyo Iswanto menyampaikan terima kasih atas koordinasi yang sangat baik oleh semua pihak mulai dari principal (perusahaan kapal) yang telah menunjukkan tanggung jawab besar terhadap pemulangan ABK WNI. Kemudian, Pemerintah Barbados yang telah memfasilitasi pemulangan, berbagai Perwakilan Republik Indonesia terkait, dan Tim dari Pemerintah Pusat di Jakarta yang sangat berperan besar dalam proses pemulangan ini.

Proses pemulangan ini tidak mudah saat dunia dilanda wabah pandemi Covid-19 mengingat sebelum keberangkatan setiap ABK mesti memenuhi protokol kesehatan yang dipersyaratkan.
Setiap WNI yang akan pulang harus menjalani rapid test dan dilengkapi dengan surat kesehatan untuk tindak lanjut setibanya di tanah air.

Mereka juga harus mengenakan masker atau alat pelindung diri yang diperlukan oleh WNI selama dalam perjalanan mulai turun dari kapal, menuju ke bandara dan pesawat, dan di dalam pesawat.

Setibanya di Indonesia, para ABK WNI ini akan kembali menjalani karantina wajib selama 14 hari dan kembali menjalani pemeriksaaan kesehatan yang ketat sebelum diizinkan untuk kembali ke keluarga masing-masing.

Pemulangan para ABK WNI ini dilakukan dengan pesawat sewaan. Rute yang dilalui Madrid (Spanyol), Lisabon (Portugal), Athena (Yunani), dan Tbilisi (Georgia) dan selanjutnya menuju Jakarta dan Bali.

KBRI Bogota terus memantau perkembangan situasi terkini, serta membantu para WNI yang berada di wilayah Kolombia, Antigua dan Barbuda, St. Kitts dan Nevis serta Barbados dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Hingga saat ini tidak tercatat ada WNI di wilayah Kolombia, Antigua dan Barbuda, St. Kitts dan Nevis dan Barbados yang terkena Covid-19.*

Exit mobile version