Banjir Melanda Ogan Komering Ulu dan Aceh Selatan

Banjir di Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Jumat (21/5). FOTO: BPBD Kabupaten Aceh Selatan/BNPB

Darilaut – Banjir melanda Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Banjir di Ogan Komering Ulu terjadi pada Kamis (20/5) malam akibat anak sungai di perumahan Helindo dan Sriwijaya meluap. Sebanyak 160 KK dilaporkan terdampak peristiwa tersebut.

Terdapat beberapa titik yang menjadi lokasi genangan banjir, yaitu Kelurahan Baturaja Permai dan Kelurahan Sekarjaya di Kecamatan Baturaja Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu mencatat beberapa kerugian materil akibat peristiwa tersebut. Terdapat total 160 rumah dan akses jalan dari Baturaja Timur yang terendam banjir. BPBD setempat juga melaporkan Tinggi Permukaan Air (TMA) saat kejadian adalah 30-150 sentimeter.

Di Aceh Selatan banjir masih menggenang Kecamatan Trumon Tengah, hingga Jumat (21/5).

Menurut laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Aceh Selatan, banjir terjadi pada Rabu (12/5) lalu dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi dan menyebabkan meluapnya air Sungai Gelombang.

Banjir merendam sejumlah titik di Kecamatan Trumon Tengah, yaitu Gampong Lhok Raya, Gampong Cot Bayu, dan Gampong Padang Harapan.

Akibatnya, 93 kk atau 392 jiwa terdampak dengan rincian 45 kk/195 Jiwa di Gampong Lhok Raya, 17 kk/57 jiwa di Gampong Cot Bayu, dan 31 kk/140 jiwa di Gampong Padang Harapan. Sementara itu, 11 jiwa diantaranya dilaporkan harus mengungsi di Posko Batalyon C.

Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Selatan mencatat 93 unit rumah terendam banjir. Selain itu, fasilitas umum, sawah masyarakat, tanaman masyarakat, dan jalan antar desa juga ikut terendam banjir. Tinggi Permukaan Air (TMA) saat kejadian dilaporkan 20-60 sentimeter.

Exit mobile version