Sabuk Nusantara 56 Kandas, Kapal Navigasi Bantu Angkut Penumpang di Pulau Terluar Papua Barat

Kapal Negara Kenavigasian KN Yefyus. FOTO: DITJEN HUBLA

Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengerahkan Kapal Negara Kenavigasian KN Yefyus milik Distrik Navigasi Kelas I Sorong untuk mengangkut penumpang yang tidak terangkut di Papua Barat, seperti di Pulau Ayau, Pulau Fani dan Distrik Kabare. Pulau Fani merupakan pulau terluar di Papua Barat.

Kapal navigasi ini mengakut penumpang meyusul, musibah kecelakaan laut yang dialami kapal perintis KM Sabuk Nusantara 56 yang kandas di sekitar Perairan Raja Ampat (Pulau Ayau), Papua Barat pada Kamis (7/6) pekan lalu.

Akibat kandasnya KM Sabuk Nusantara 56 tersebut, sejumlah penumpang di Pulau Ayau, Pulau Fani dan Kabare yang telah bersiap untuk ke Sorong gagal berangkat. Mengingat masyarakat di tiga pulau tersebut transportasi hanya bergantung pada angkutan laut, maka Ditjen Hubla segera mengambil langkah dengan mengirimkan kapal KN Yefyus untuk mengangkut penumpang tersebut.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Sorong Marasabessy Haekal Dachlan mengatakan, setelah dilakukan koordinasi, kapal Navigasi KN Yefyus beserta tim dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong dan Disnav Kelas I Sorong berangkat ke lokasi pada Senin (10/6) pukul 22.00 WIT.

Kapal ini untuk mengangkut penumpang yang telah menunggu dengan hasil kebun yang akan dijual di Sorong.

“Setelah menempuh perjalanan sekitar 9 jam dari Sorong, kapal berlabuh di Pulau Ayau dan tidak bisa sandar sehingga para penumpang harus menggunakan perahu longboat sebagai rede untuk naik ke atas kapal,” jelas Haekal.

Setelah selesai, kapal menuju Pulau Fani dengan proses embarkasi yang sama menggunakan perahu longboat. Adapun Pulau Fani merupakan pulau terluar di Papua Barat.

Dari Pulau Fani, KN Yefyus menuju ke Kabare dan sandar di dermaga. Selanjutnya, Selasa (11/6) pukul 22.30 WIT, kapal bertolak ke Sorong dengan membawa total penumpang 233 orang.

Menurut Haekal, Rabu (12/6) pukul 08.00 WIT, KN Yefyus telah tiba di Pelabuhan Sorong dengan selamat. Kondisi kapal dalam keadaan baik dan para ABK, serta petugas dari Disnav Sorong dan KSOP Sorong juga dalam keadaan sehat.*

Exit mobile version