Topan Kong-rey Mengarah ke Taiwan dan Cina Timur

Trek lintasan badai tropis Kong-rey pada Senin (28/10) pagi, sistem ini diperkirakan akan mendarat di Taiwan dan Cina Timur. GAMBAR: JMA

Darilaut – Badai tropis (tropical storm) Kong-rey yang bergerak di Laut Filipina pada Senin (28/10) pagi, mengarah ke Taiwan dan Cina Timur.

Provinsi di Cina Timur sedang bersiap untuk menghadapi siklon tropis Kong-rey yang diperkirakan akan menguat menjadi topan (typhoon) dalam beberapa hari ke depan.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengatakan Kong-Rey topan nomor 21, pada Senin pagi mengarah ke barat barat-daya dengan kecepatan 10 km per jam (6 knot).

Tekanan udara pada pusatnya 985 hPa (hektopaskal). Sistem ini memiliki area angin kencang dengan kecepatan 30 knot atau lebih di utara 560 km (300 NM) dan selatan 440 km (240 NM).

Xinhua melaporkan Provinsi Fujian di Cina Timur pada Minggu (27/10) malam memulai tanggap darurat Tingkat IV terhadap Topan Kong-rey yang mendekat.

Tiongkok memiliki sistem tanggap darurat empat tingkat, dengan Level I menjadi respons paling parah.

Minggu pukul 20.00 malam Kong-rey terletak 1.280 km di tenggara Hualien Taiwan, diperkirakan akan menguat menjadi topan parah atau super, menurut Pusat Meteorologi Nasional China.

Markas besar pengendalian banjir dan bantuan kekeringan Fujian telah meminta pihak berwenang setempat untuk memantau topan dengan cermat dan menerapkan tindakan pencegahan tepat waktu.

Selama enam jam terakhir, menurut  Pusat Peringatan Siklon Tropis Bersama – Joint Typhoon Warning Center (JTWC), Kong-rey terletak 1154 km selatan-tenggara Pangkalan Udara Kadena, dan telah melacak ke barat dengan kecepatan 20 km per jam (11 knot).

Tinggi gelombang signifikan maksimum adalah 8,5 meter (28 feet), kata JTWC.

Kong-rey diperkirakan akan melacak ke arah barat dan barat-barat laut selama 24 jam ke depan. Setelah 24 jam, sistem akan menguat.

Kong-rey dengan nama local Filipina Leon, menurut PAGASA (Philippine Atmospheric, Geophysical, and Astronomical Services Administration – Administrasi Layanan Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina), terus bergerak ke barat di atas Laut Filipina.

Kong-rey diperkirakan akan bergerak ke barat selama 24 jam ke depan, setelah itu secara umum ke barat laut dan utara barat laut.

Kong-rey diperkirakan akan meningkat secara bertahap dalam 24 jam ke depan dan dapat mencapai kategori badai tropis parah dan kategori topan pada hari Selasa (29/10).

Siklon tropis ini diperkirakan dapat mengalami intensifikasi yang cepat, kata PAGASA.

Exit mobile version