Transplantasi Karang di TN Wakatobi

FOTO: KSDAE/KLHK

Darilaut – Transplantasi karang sebanyak 1275 bibit anakan ditanam di perairan Desa Darawa Taman Nasional (TN) Wakatobi. Kegiatan ini dilakukan Kelompok Dewara Desa Darawa dan Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kaledupa TN Wakatobi, Senin (7/9).

Kegiatan transplantasi menggunakan metode struktur besi berlapis yang disebut Mars Coral Spiders atau Laba-laba MARRS (Mars Accelerated Coral Reef Rehabilitation System).

Transplantasi dilakukan pada 85 media. Setiap media terdapat 15 anakan karang. Luasan daerah yang ditransplantasi sekitar 50 m2.

Untuk menyiapkan transplantasi karang, masyarakat membutuhkan lebih kurang 2 minggu untuk membuat media. Sebanyak 50 warga Desa Darawa yang tergabung dalam Kelompok Dewara ikut berpartisipasi.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta menjaga dan melestarikan ekosistem terumbu karang. Selain itu, menambah pemahaman mengenai cara melakukan transplantasi, tanpa merusak terumbu karang.

Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Darman mengatakan, kegiatan transplantasi karang sebagai tabungan jangka panjang yang manfaatnya tidak akan pernah habis, baik dari segi ekologi maupun ekonomi.

Dengan berbagai manfaat yang dapat diperoleh tentunya kegiatan transplantasi karang ini diharapkan menjadi percontohan bagi masyarakat desa-desa penyangga di Taman Nasional Wakatobi, khususnya di Pulau Kaledupa.

Kegiatan ini untuk meningkatkan usaha ekonomi produktif masyarakat melalui bidang perikanan. Di samping itu, kegiatan ini ditujukan sebagai media pembelajaran bersama antara masyarakat dengan pihak Taman Nasional Wakatobi.*

Exit mobile version