Mengenal Ragam Hiu yang Dilindungi

SEDIKITNYA terdapat 500 spesies hiu yang tersebar di perairan dunia. Hiu ini ada yang berukuran kecil hingga besar. Seperti hiu paus (Whale Sharks), inilah ikan terbesar, dengan panjang bisa mencapai 20 meter.

Menurut Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut – Kementerian Kelautan dan Perikanan, di perairan Indonesia, telah teridentifikasi sebanyak 117 jenis hiu dan tiga jenis hiu hantu. Sebagian besar ukuran panjang hiu ini lebih dari satu meter.

Hiu tergolong jenis ikan bertulang rawan. Sesuai dengan klasifikasi, berasal dari kelas Chondrichthyes dan sub kelas Elasmobranchii.

Hiu memiliki tubuh dengan ekor asimetris. Tulang punggungnya memanjang hingga ke ekor bagian atas. Gigi hiu, berbentuk segitiga dengan jumlah yang banyak.

Variasi ukuran tubuh hiu bergantung jenis dan pengelompokannya. Yang terkecil berukuran selebar tangan dewasa (sekitar 15 cm) dan terbesar mencapai belasan meter.

Pemerintah Indonesia, telah mengeluarkan kebijakan untuk menata keberadaan dan keberlanjutan spesies hiu. Dari seratusan spesies yang teridentifikasi di perairan Indonesia, terdapat sejumlah hiu yang dilindungi penuh, larangan bycatch (hasil tangkapan sampingan atau bukan jenis ikan target) dan larangan ekspor.

Berikut ini tujuh jenis hiu tersebut:

1. Hiu Paus (Rhincodon typus)

2. Schalloped Hammer Head (Sphyrna lewini)

3. Smooted Hammer Head (Sphyrna zegaena)

4. Great Hammer Head (Sphyrna mokkaran)

5. Hiu Koboi (Carcharhinus longimanus)

6. Silky Shark (Carcharhinus falciformis)

7. Pelagic Tresher (Alopias pelagicus)

 

Status Perlindungan Hiu

• Hiu Paus diatur dalam KepmenKP 18/2013 Tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus (Rhincodon typus).

• Hiu Monyet (Thresher shark) diatur dalam PermenKP 26/2013 atas perubahan Peraturan Menteri KP No.30 tahun 2012 yang mengatur Usaha Perikanan Tangkap Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (by catch hiu monyet, penyu, mamalia laut/paus, non ikan).

• Hiu Martil dan Hiu Koboi dalam KepmenKP 48/2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Nomor 59/Permen-kp/2014 Tentang Larangan Pengeluaran Ikan Hiu Koboi (Carcharhinus longimanus) dan Hiu Martil (Sphyrna spp) Dari Wilayah Negara Republik Indonesia Ke Luar Wilayah Negara Republik Indonesia.

• Ikan Gergaji diatur dalam PP 7/1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa,

• Ikan Gergaji dalam Appendiks I CITES.

Exit mobile version