334 ABK Indonesia di Kapal Bellissima dan Lirica Dipulangkan dari Dubai

Para ABK Indonesia yang dipulangkan dari Dubai. FOTO: KEMLU

Darilaut – Sebanyak 334 Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) di kapal MSC Bellissima dan MSC Lirica dipulangkan dari Dubai, Uni Emirat Arab.

Ratusan ABK Indonesia tersebut telah tiba di Denpasar dengan menggunakan pesawat Charter Air Asia, Kamis (9/4) pukul 00.15 WITA. Perwakilan Indonesia di Uni Emirat Arab telah memfasilitasi pemulangan ABK pada Rabu (8/4).

Kapal MSC Lirica berlayar dari Oman dan berlabuh di Pelabuhan Dubai pada 11 Maret 2020, sedangkan MSC Bellissima berlayar dari Abu Dhabi dan berlabuh di Pelabuhan Dubai pada 12 Maret 2020.

Kedua kapal tidak dapat melanjutkan pelayaran karena Covid-19 dan kebijakan pemberhentian sementara operasional pelayaran.

Para ABK pulang ke tanah air dengan menggunakan pesawat yang disediakan oleh perusahaan MSC Cruise S.A. Seluruh ABK yang pulang telah menjalani Rapid Test Covid-19 pada 2 April 2020 dengan hasil tes negatif dan dinyatakan sehat untuk terbang.

Semua ABK akan terus melakukan langkah-langkah pencegahan dan bersedia untuk menjalani masa isolasi diri untuk memastikan bebas dari CovidD-19.

Terdapat 1 ABK yang batal terbang. Saat ini KJRI Dubai masih dalam tahap memastikan alasan pembatalan tersebut. Indonesia melalui KJRI Dubai akan terus memantau perkembangan ABK tersebut dan memastikan proses pemulangannya.*

Exit mobile version