Cuaca Memburuk di Wellington, Tim Penyelamat Fokus pada Keselamatan Bayi Orca

Bayi orca yang terdampar di bebatuan Plimmerton Minggu (11/7) diberi nama Toa, FOTO: LEON BERARD/DOC

Darilaut – Upaya penyelamatan bayi orca yang terdampar di utara Wellington, Selandia Baru, agak terhalang dengan adanya kondisi cuaca yang memburuk.

Hingga Kamis (15/7) pukul 11:30 waktu setempat, bayi orca yang diberi nama Toa, berada di penangkaran (kandang) sementara dan dirawat dengan baik oleh tim penyelamat dan sukarelawan.

Mengutip siaran pers Departemen Konservasi (DOC), orca yang berusia antara 4 sampai 6 bulan ini terdampar di bebatuan di Plimmerton pada Minggu (11/7). Relawan dari Whale Rescue/Orca Research Trust, DOC dan iwi Ngati Toa Rangatira bekerja sama untuk menjaga bayi orca tetap sehat dan stabil.

Manajer Spesies Laut DOC, Ian Angus, mengatakan, cuaca di daerah tersebut diperkirakan akan memburuk selama 24 jam ke depan. Perencanaan sedang dilakukan untuk memperkuat kandang sementara.

Badan Meteorologi New Zealand, Metservice, memperkirakan angin dari utara bergerak dengan kekuatan yang lebih kencang untuk wilayah tersebut pada Jumat 16 Juli. Gelombang laut diperkirakan naik hingga 1 meter.

“Kami tidak dapat mengontrol cuaca dan kondisi laut, dan dengan ramalan untuk wilayah tersebut kami sekarang merencanakan bagaimana dapat memastikan kesejahteraan anak orca,” katanya.

Begitupula, kata Angus, untuk kesehatan dan keselamatan orang-orang yang berkontribusi dalam upaya penyelamatan. Ini juga yang terpenting untuk dikelola dengan cermat.

Penampakan orca pod Rabu kemarin di lepas pantai barat Pulau Utara belum diverifikasi. Belum ada laporan penampakan orca pod pagi ini.

Pencarian laut dan udara telah dihentikan sambil menunggu laporan penampakan lainnya.

Angus mengatakan, dukungan yang ada di dermaga sangat signifikan. Tetapi dengan cuaca yang memburuk, orang-orang diminta untuk menjauh, kecuali mereka yang terlibat langsung dengan operasi penyelamatan.

Orang-orang juga diminta untuk tidak menerbangkan pesawat tanpa awak (drone) di atas lokasi karena dapat mengganggu bayi orca.

DOC, dokter hewan, dan Whale Rescue/Orca Research Trust telah menerima saran rutin dari ahli orca internasional dan dokter hewan. Informasi tersebut penting untuk membuat keputusan. Bayi orca diberi makan pagi ini dan tetap stabil.

Siapa pun yang melihat pod orca di lepas pantai barat North Island – khususnya antara Wellington dan Taranaki – diimbau untuk memberikan informasi sebanyak mungkin kepada DOC, melalui wellington@doc.govt.nz atau dengan menelepon 0800 DOC HOT.

Informasi yang penting adalah lokasi polong, arah perjalanan, foto atau video yang dengan jelas menunjukkan tanda pelana, serta sirip punggung.

Exit mobile version