3 Tahun Darilaut.id

Sampah plastik terbawa gelombang dan arus ke pantai. DARILAUT.ID

Hari ini, Darilaut.id berusia 3 tahun. Kami menyajikan tulisan mengenai sampah plastik dan dampaknya bagi kesehatan manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, plastik sangat dibutuhkan. Selain efektif digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga dan lainnya, plastik menjadi ancaman nyata karena bahan ini tidak alami dan lama terurai.

Plastik yang berasal dari daratan, karena tidak dikelola dengan baik akan berakhir di lautan.

Hasil penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Science Advances, seperti dilansir Phys.org, menemukan sejumlah besar plastik buatan manusia masuk ke lautan dunia.

Mereka menemukan bahwa banyak plastik yang berhasil mencapai laut berasal dari sungai yang kecil. Para peneliti kemudian membuat peta yang menunjukkan 1000 sungai teratas yang menyumbang hingga 80% dari semua plastik yang dibuang ke lautan.

Bagaimana plastik terkumpul dalam satu waktu dan masuk dalam badan sungai dalam jumlah yang sangat banyak. Plastik ini mulanya berada di daratan atau dekat sungai.

Ketika hujan dengan intesitas tinggi menyebabkan banjir, telah membawa plastik yang tadinya berserakan di daratan, selanjutnya masuk ke badan sungai dan terbawa aliran air.

Inilah salah satu kontribusi besar plastik ke sungai, muara dan lautan. Ada pula dari sungai,

kemudian ke danau, megikuti lagi aliran sungai hingga ke muara dan terbawa arus ke lautan.

Kamis 10 Juni 2021,

Salam dari Redaksi

Exit mobile version