Penyu Raksasa 2 Meter Dilepas di Rote Ndao

FOTO: BKKPN KUPANG

PENYU raksasa dengan panjang mencapai 2,04 meter dilepas kembali ke perairan Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jenis penyu belimbing (Dermochelys coriacea) ini sebelumnya sempat terjerat dalam jaring nelayan yang melakukan aktivitas penangkapan ikan di perairan Desa Nggodimeda.

Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Kementerian Kelautan dan Perikanan, bersama masyarakat Desa Nggodimeda Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao berhasil menyelamatkan penyu tersebut.

Proses pelepasliaran penyu ini disaksikan oleh Kelompok Camar Laut, Polairud Rote Ndao, Polsek Rote Tengah, BBKSDA NTT dan masyarakat Desa Nggodimeda. BKKPN Kupang menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang telah peduli dan menyelamatkan biota yang dilindungi ini.

Penyu ini memiliki panjang panjang kerapas 1,59 m, lebar kerapas 1,14 m, panjang kepala 27 cm, panjang fliper depan 98 cm, dan panjang fliper belakang 51 cm.

Tertangkapnya penyu ini bermula pada Kamis (13/6) pukul 03.45 Wita, Rison Bire Doko dan Marcus Beama sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan dengan menggunakan pukat. Ternyata di dalam jaring ini terjerat seekor hewan yang diperkirakan seekor buaya.

Setelah diamati, ternyata seekor penyu belimbing yang mencapai ukuran 2 meter. Nelayan ini menarik pukat ke darat.

Selanjutnya, melakukan koordinasi dengan Kelompok Masyarakat Peduli Konservasi Penyu “Camar Laut” dampingan BKKPN Kupang. Untuk penanganan lebih lanjut, diinformasikan pula ke BKKPN Kupang.

Pukul 12.00, tim BKKPN Kupang sudah berada di lokasi dan mendapati penyu dalam keadaan baik, namun terlihat lemas. Tim melakukan identifikasi, dengan melakukan pengukuran dan terdapat beberapa bekas luka pada fliper depan kiri dan belakang kiri belakang.

FOTO: BKKPN KUPANG

Namun, itu luka lama karena sudah mengering. Tim melakukan tagging pada fliper kiri belakang. Pada pukul 16.45, penyu berhasil dilepasliarkan kembali ke laut.

Penyu belimbing satu-satunya dari suku Dermochelyidae yang masih hidup. Penyu terbesar di dunia ini merupakan reptil keempat, setelah tiga jenis buaya.

Penyu ini terkenal sebagai penjelajah samudera yang tangguh dengan menempuh jarak ribuan kilometer. Bermigrasi dari pantai ke pantai, hingga menyeberangi samudera untuk mencari sarang.

Masyarakat di Rote Ndao mengenal nama penyu belimbing dengan sebutan kantong, mabo atau penyu raksasa. Dalam bahasa Inggris namanya Leatherback sea turtle.

Hanya sedikit anak penyu belimbing yang bisa bertahan sampai dewasa. Ini karena banyaknya bahaya di laut bagi tukik penyu yang baru menetas.

Penyu belimbing dilindungi secara nasional sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.*

Exit mobile version