Jakarta – Kapal perintis dan tol laut yang disediakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, telah menjangkau Kepulauan Talaud. Kapal-kapal ini untuk merajut konektivitas dan merangkai nusantara untuk wilayah 3TP (Terpencil, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan).
Salah satu wilayah terdepan di Indonesia yang dijangkau oleh kapal perintis yaitu Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.
“Pemerintah menyediakan kapal perintis yang melayani masyarakat di Kepulauan Talaud khususnya di Nanusa Pulau Karutung,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Wisnu Handoko, Sabtu (30/3) di Jakarta.
Menurut Wisnu terdapat 4 (empat) trayek kapal perintis yang melayani ke Kepulauan Talaud khususnya Pulau Karutung, yaitu R-31, R-32, R-33 dan R-34.
Trayek R-31 menjangkau Bitung – Tagulandang – Kahakitang – Tahuna – Lipang – Kawaluso – Matutuang – Kawio – Marore – Kawio – Matutuang – Kawaluso – Lipang – Tahuna – Mangaran – Melonguane – Beo – Essang – Karatung – Marampit – Karatung – Essang – Beo – Melonguane – Mangaran – Tahuna – Kahakitang – Tagulandang – Bitung.
“Untuk trayek R-31 dilayani oleh kapal KM Sabuk Nusantara 38 berukuran GT 1200 dan dicadangkan kapal Coaster berukuran 1.000 DWT,” kata Wisnu.
R-32 meliputi Bitung – Munte (Likupang) – Biaro – Tagulandang – Makalehi – Tahuna – Mangaran – Lirung – Rainis yang dilayani oleh kapal KM. Sabuk Nusantara 51 berukuran GT.1200 dan kapal cadangan Coaster berukuran 1.000 DWT.
Trayek R-33 ke Tahuna – Mangaran – Lirung – Melonguane – Essang – Kakorotan – Karutung – Miangas – Marore – Kawio – Kawaluso – Tahuna – Kahakitang – Siau – Bitung – Siau – Makalehi – Kahakitang – Tahuna – Kawaluso – Kawio – Marore – Miangas – Karatung – Geme – Melonguane – Lirung – Mangaran – Tahuna yang dilayani dengan kapal KM. Meliku Nusa berukuran 500 DWT yang juga disiapkan kapal cadangan Coaster berukuran 500 DWT.
Adapun trayek R-34 menjangkau Tahuna – Lipang – Bukide – Matutuang – Kawio – Marore – Kawio – Matutuang – Kawaluso – Lipang – Bukide – Petta – Manalu – Ngalipeng – Kalama – Kahakitang – Para – Sawang – Pehe – Makalehi – Tagulandang – Biaro – Bitung – Labuhan Uki – Amurang – Biaro – Tagulandang – Buhias – Makalehi – Pehe – Para – Kahakitang – Kalama – Ngalipaeng – Manalu – Petta – Bukide – Lipang – Tahuna.
Rute ini dilayani dengan kapal KM Berkat Taloda berukuran 750 DWT dan kapal Coaster 750 DWT sebagai kapal pengganti/cadangan.
Wisnu mengatakan, untuk angkutan barang tol laut, di tahun 2019 ini telah disiapkan trayek utama H-1 dan T-5 untuk menjangkau kepulauan Talaud. Jaringan Trayek Kapal Tol Laut H-1 terdiri dari Tanjung Perak – Makassar – Bitung – Tidore – Tanjung Perak yang dioperatori oleh PT Pelni dengan kapal kontainer KM. Logistik Nusantara 2 berukuran GT 5.000.
Untuk Trayek T-5 dilayani kapal KM. Kendhaga Nusantara 1 yang dioperatori oleh PT Pelni dengan rute Bitung – Tagulandang – Tahuna – Melangoane – Miangas – Marore – Bitung.
Kapal perintis dan kapal tol laut telah hadir di wilayah terdepan Indonesia, khususnya di provinsi Sulawesi Utara dan adanya kapal-kapal tersebut merupakan bukti kehadiran Negara untuk merajut konektivitas wilayah dan merangkai nusantara.
Saat ini, Kementerian Perhubungan sedang memperbaharui kapal-kapal perintis yang sudah ada untuk wilayah Sangihe dan Talaud dengan kapal baru Sabuk Nusantara 95 dan Sabuk Nusantara 69. Kapal ini akan siap beroperasi dalam dua minggu ke depan.*
Komentar tentang post