Darilaut – Mitsubishi Shipbuilding Company meluncurkan kapal ferry RoPax yang menggunakan bahan bakar LNG (Liquid Natural Gas). LNG adalah gas alam cair yang dapat dipakai sebagai sumber tenaga untuk kapal Ferry.
Jepang menandai tonggak sejarah dengan peluncuran pertama dua kapal ferry dengan bahan bakar alternatif, LNG.
Mengutip Maritime-executive.com (3/3) kapal ferry Sunflower Kurenai dengan bobot 17.300 gross ton diluncurkan di pabrik Enoura dari Shimonoseki Shipyard & Machinery Works milik Mitsubishi Shipbuilding Company di Prefektur Yamaguchi.
Kapal Sunflower Kurenai dibangun bersama Sunflower Murasaki, melalui Ferry Sunflower Limited yang berbasis di Oita milik Mitsui OSK Lines. Kapal ini nantinya akan beroperasi di Osaka dan Beppu.
Kapal-kapal tersebut lebih peka terhadap lingkungan dibandingkan dengan kapal-kapal tua yang akan diganti. Selain ukuran kapal lebih besar, juga lebih ekonomis untuk dioperasikan.
Sunflower Kurenai memiliki panjang 656 kaki dan lebar 92 kaki. Kapal dapat menampung 716 penumpang, 137 truk 13 meter, dan 100 mobil penumpang.
Mesin utamanya berbahan bakar ganda performa tinggi, pertama dari jenisnya yang ditampilkan di Ferry domestik di Jepang, dan dapat dijalankan dengan gas alam cair dan minyak berat tipe-A.
Komentar tentang post