Populasi Menurun, Ingatan untuk Hari Hiu Paus Internasional Tahun Ini

Ikan hiu paus. FOTO: DARILAUT.ID

POPULASI hiu paus menurun dari tahun ke tahun. Itu sebabnya, sejak tahun 2000, hiu paus masuk dalam Daftar Merah untuk spesies terancam oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) dengan status rentan (vulnerable).

Artinya, populasinya diperkirakan sudah mengalami penurunan sebanyak 20-50 persen dalam tiga generasi.

Kemudian pada 2002, hiu paus dimasukkan dalam Apendiks II CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora). Artinya, perdagangan internasional untuk komoditas ini harus melalui aturan yang menjamin pemanfaatannya tidak akan mengancam kelestariannya di alam.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Andi Rusandi mengatakan, upaya konservasi hiu dan pari yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia jauh lebih ketat daripada pengaturan CITES. Misalnya, penetapan perlindungan penuh hiu paus dan pari manta yang di CITES hanya Appendix II.

Hal ini disampaikan dalam Conference of the Parties to the Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES CoP18) — konferensi global yang mengatur perdagangan tumbuhan dan satwa liar resmi dibuka di Jenewa – Swiss, Sabtu (17/8).

Perlindungan tersebut diatur melalui Keputusan Menteri Keluatan dan Perikanan Nomor 18/Kepmen-KP/2013 tentang Penetapan status perlindungan penuh Ikan Hiu Paus (Rhincodon typus).

Berdasarkan keputusan ini, berikut karakteristik hiu paus. Jenis ikan ovovivivar, pada ikan hiu paus betina berukuran besar dapat menghasilkan sekitar 300 (tiga ratus) embrio dan melahirkan sekitar 12 (dua belas) anakan.

Pada saat dilahirkan, anakan ikan hiu paus berukuran sekitar 55 (lima puluh lima) centimeter sampai dengan 64 (enam puluh empat) centimeter.

Ikan Hiu Paus betina pada umumnya mempunyai ukuran lebih besar dari Ikan Hiu Paus jantan.

Ikan Hiu Paus jantan mencapai usia dewasa pada ukuran lebih dari 6 (enam) meter, dan pada Ikan Hiu Paus betina mencapai usia dewasa pada ukuran lebih dari 8 (delapan) meter.

Usia dewasa Ikan Hiu Paus umumnya sekitar 25 (dua puluh lima) tahun.

Mempunyai pertumbuhan yang lambat dan dapat mencapai usia sekitar 60 (enam puluh) tahun sampai 100 (seratus) tahun.

Hidup di perairan hangat (tropis) pada kisaran garis lintang 30o LU sampai dengan 35o LS;

Mempunyai kemampuan bermigrasi dan menetap musiman.

Merupakan pemakan plankton dan ikan berukuran kecil, dan

Selain perbedaan ukuran badan, tidak ada perbedaan ciri signifikan antara anakan ikan hiu paus dan hiu paus dewasa.

Setiap tanggal 30 Agustus dikenal sebagai International Whale Shark Day atau Hari Hiu Paus Internasional.

Perayaan ini sebagai ingatan ikan yang tergolong sangat besar makin terancam kehidupannya di lautan. Bukan hanya sumber makanannya, ancaman terbesar satwa laut ini adalah perilaku wisatawan yang menaiki, menunggangi dan menyentuh hiu paus.

KLASIFIKASI

Kingdom: Animalia

Phylum: Chodarta

Kelas: Chondrichtyes

Ordo: Orectolobiformes

Famili: Rhincodontidae

Genus: Rhincodon

Species: Rhincodon typus

Nama Inggris: Whale Shark*

Exit mobile version