Jakarta – Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo meluncurkan sistem E-Ticketing dan Gate In Online untuk kapal penumpang dan Ro-Ro di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (20/6).
Sebelum penerapan tersebut, telah dilakukan uji coba peningkatan dan transformasi layanan kapal penumpang dan Ro-Ro yang dimulai pada akhir Maret 2019. Hasilnya, tiga operator kapal yakni PT Pelni, PT Dharma Lautan Utama dan PT Berlian Lautan Sejahtera telah menerapkan penjualan tiket secara online.
PT Atosim Lampung Pelayaran, PT Indonesia Ferry ASDP dan PT Jembatan Nusantara sudah menerapkan penjualan tiket penumpang dan barang melalui proses intranet perusahaan masing-masing, dengan output tiket dalam bentuk digital dan terintegrasi dengan gate in terminal.
Data enam operator pelayaran tersebut telah diintegrasikan oleh PT Pelindo III untuk penerapan gate in online.
Agus mengatakan, dengan diterapkannya e-ticketing diharapkan penumpang akan mendapatkan kemudahan.
“Ke depan masyarakat bisa lebih mudah merencanakan perjalanannya karena bisa memesan tiket dengan mudah dengan harga yang relatif murah,” ujar Agus.
Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi agar masyarakat mendapatkan informasi yang cukup ketika datang ke pelabuhan. Mereka yang sudah punya tiket bisa langsung cetak boarding pass, masuk ruang tunggu lalu naik kapal sehingga dapat mengurangi kepadatan di pelabuhan.
Komentar tentang post