Selat Singapura tetap menjadi salah satu yang paling berbahaya bagi pelaut.
Dalam laporan tahunannya, IMB mengatakan pada tahun 2021 terjadi peningkatan 50 persen dengan 35 insiden terhadap kapal yang berlayar di jalur lalu lintas yang sibuk, yang merupakan jumlah insiden tertinggi yang dilaporkan sejak 1992.
Sebanyak 35 insiden terhadap kapal yang berlayar di Selat Singapura dilaporkan ke Pusat Pelaporan Pembajakan pada tahun 2021, meningkat 50% dari tahun 2020 dan jumlah insiden tertinggi yang dilaporkan sejak 1992.
Sebagian besar kasus ini dianggap sebagai pencurian, meskipun dua awak terluka dalam dua kasus terpisah.
Kepulauan Indonesia
Sementara itu, di Kepulauan Indonesia IMB memuji pihak berwenang (Indonesian Marine Police) karena mempertahankan penurunan insiden.
Tahun 2020 di Indonesia terjadi 26 insiden, turun menjadi Sembilan kejadian di tahun 2021 atau terendah sejak 1993.
IMB melaporkan selama tahun 2021, kasus pembajakan kapal dan perompakan maritim di seluruh dunia mengalami penurunan secara global ke level terendah dalam beberapa dekade terakhir.
Komentar tentang post