Darilaut – Penelitian tentang suara dan perilaku makan paus pembunuh penduduk selatan (southern resident killer whales) memberikan wawasan baru tentang bagaimana paus merespons kebisingan bawah air.
“Kami telah membangun teknologi yang telah tersedia selama 20 tahun,” kata ilmuwan yang fokus pada penelitian aspek pergerakan paus, Jennifer Tennessen, dikutip dari Eopugetsound.org.
Kerja lapangan selama bertahun-tahun dengan paus dan analisis menggunakan pemodelan komputer telah menunjukkan bagaimana kebisingan dari kapal tampaknya mengubah pola menyelam orca penduduk selatan dan mengganggu aktivitas mereka saat mencari makan.
Saat para ahli mempelajari cara-cara untuk mengurangi kebisingan dari masing-masing kapal, mereka juga harus menghadapi semakin banyak kapal yang datang ke Laut Salish, sebuah faktor yang membebani pengurangan kebisingan.
Mengutip Eopugetsound.org, laporan Direktur Kebijakan dan Perlindungan Laut kelompok nirlaba Friends of San Juan, Lovel Pratt, setidaknya 22 proyek pembangunan terminal laut diusulkan atau sedang dibangun di Laut Salish, dengan 12 proyek di Kanada dan 10 di Amerika Serikat.
Proyek-proyek di Kanada saja akan menambah lebih dari 2.600 transit kapal ke dan dari pelabuhan di British Columbia, peningkatan 25 persen dalam lalu lintas kapal laut di Laut Salish jika dibandingkan dengan tahun 2020.
Pratt mengatakan itu tidak termasuk perjalanan tambahan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain di dalamnya. Laut Salish, juga tidak memperhitungkan kapal yang selalu berada di dalam jalur air, seperti kapal tunda, tongkang dan fery.
“Temuan paling mencolok dalam laporan ini,” kata Pratt, adalah kurangnya informasi tentang potensi lalu lintas kapal dari proyek terminal di sisi perbatasan AS.
“Tidak ada proyek di negara bagian Washington yang mengidentifikasi peningkatan lalu lintas kapal – meskipun tujuan khusus dari beberapa proyek negara bagian Washington ini adalah untuk meningkatkan lalu lintas kapal,” katanya saat konferensi Laut Salish.
Kurangnya pertimbangan untuk potensi dampak lingkungan dari peningkatan lalu lintas kapal “menyoroti kegagalan Undang-Undang Kebijakan Lingkungan Negara Bagian Washington,” tulis Pratt dalam laporannya tentang potensi peningkatan lalu lintas kapal.
Potensi kerusakan dari lalu lintas kapal yang meningkat, baik yang diproyeksikan maupun yang tidak teridentifikasi, melampaui peningkatan kebisingan bawah air yang memengaruhi kemampuan mencari makan orca penduduk selatan, kata Pratt.
“Ada juga dampak yang terkait dengan kecelakaan,” lanjutnya. “Mengingat ukuran populasi penduduk selatan yang kecil, hanya satu kematian penduduk selatan akibat serangan kapal dapat memiliki konsekuensi populasi yang signifikan, dan tumpahan minyak besar dapat menyebabkan kepunahan spesies.”
Gugus Tugas Paus Pembunuh Penduduk Selatan merekomendasikan pada 2018 yang mengizinkan aplikasi untuk konstruksi di perairan negara bagian Washington mengatasi potensi bahaya bagi orca dari peningkatan lalu lintas kapal sebelum proyek disetujui.
“Sejauh ini, baru ada kemajuan awal implementasi rekomendasi gugus tugas orca,” kata Pratt.
“Kita perlu tahu berapa banyak lalu lintas kapal di Laut Salish berkelanjutan secara ekologis dan budaya,” katanya. “Itu perlu mencakup semua dampak yang terkait dan kumulatif.”
Peringatan untuk Pelaut
Salah satu tindakan untuk membantu melindungi orca penduduk selatan dan paus lainnya adalah sistem yang mengumpulkan laporan penampakan paus dan dengan cepat mengirimkannya ke operator kapal komersial di sekitarnya.
Sejak 2018, Whale Report Alert System (WRAS) telah mengirimkan lebih dari 20.000 peringatan kepada operator kapal, sebagian besar di sekitar Pulau Vancouver tetapi juga di sepanjang Pantai Barat Laut dan turun ke Puget Sound, kata Jessica Scott dari OceanWise, yang membantu mengawasi sistem tersebut. Sistem ini dikelola oleh British Columbia Cetacean Sightings Network.
Sistem mengambil informasi dari siapa saja yang melihat paus dari perahu atau darat dan memasukkan informasi tersebut ke dalam aplikasi ponsel. Sistem memeriksa untuk memastikan pengamat telah mengidentifikasi spesies dan lokasi dengan pasti atau mungkin tinggi.
Operator kapal yang merupakan bagian dari sistem menerima pesan teks jika mereka berada dalam jarak 10 mil laut dari paus yang diamati.
Sistem ini juga mengirimkan pesan desktop ke pusat-pusat operasi kapal, yang kemudian dapat menyampaikan pesan tersebut ke operator kapal, terutama mereka yang tidak memiliki ponsel atau di daerah yang penerimaan ponselnya buruk.
“Para pelaut dapat memilih tindakan mitigasi apa pun,” kata Scott, “seperti memperlambat, mengalihkan jalur, mengingat peningkatan kewaspadaan, atau mematikan sounder (gema) mereka.”
Sejauh ini, sekitar 60 pemilik kapal dan organisasi terkait di British Columbia dan Washington menggunakan sistem tersebut, katanya, seraya menambahkan bahwa pejabat WRAS sedang mengerjakan cara agar pesan tersebut dapat ditargetkan ke kapal tertentu di dekat paus atau sekelompok paus.
Sebuah sistem terpisah, masih dalam pengembangan oleh peneliti universitas, dirancang untuk meramalkan di mana orca dan paus lainnya akan berada dalam satu jam, dua jam atau lebih, kata Ruth Joy, seorang profesor di Universitas Simon Fraser di British Columbia.
Joy mengatakan sistem saat ini untuk orca penduduk selatan, seperti yang diuji, dapat memperkirakan lokasi di masa depan sekitar dua jam sebelum paus tiba dengan akurasi dalam jarak sekitar 5 kilometer (3,1 mil).
“Jika Anda seorang pelaut, dua jam itu memberi Anda peringatan sekitar 80 mil laut sebelum Anda menemukan paus pembunuh penduduk selatan,” katanya.
Seperti yang diusulkan, prediksi lokasi orca ini dapat tersedia bagi operator kapal melalui Sistem Peringatan Laporan Paus, yang dioperasikan oleh Jaringan Penampakan Cetacean BC.
Selain paus pembunuh, para peneliti berencana memperluas sistem yang mencakup paus bungkuk, paus sirip dan lainnya.
Rencana lain termasuk melacak pergerakan paus dengan hidrofon dan menambahkan informasi itu ke prakiraan. Hidrofon, kata Joy, dapat menangkap suara paus di malam hari maupun di siang hari.
Sumber: Eopugetsound.org
Komentar tentang post