Darilaut – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar diskusi terfokus tentang kualitas media lokal dan agensi periklanan media, Kamis (21/10) di Surabaya.
Focus Group Discussion (FGD) on Quality Media and Advertising Agency ini digelar secara daring dan luring di Kempi Hotel Surabaya berlangsung sehari penuh dengan melibatkan media-media anggota AMSI di Jawa Timur, serta beberapa perwakilan pengurus AMSI wilayah dari Sumatera dan Jawa.
“Diskusi ini dilakukan karena ada mimpi bersama dari anggota AMSI untuk membuat agensi yang akan menjaring klien-klien untuk kesejahteraan para anggota AMSI,” ujar Wakil Ketua I AMSI Nasional Suwarjono, saat memberikan sambutan.
Suwarjono mengatakan pandemi berdampak besar pada bisnis media pada umumnya, termasuk media digital. Tekanan aspek finansial akibat perlambatan ekonomi selama masa pandemi, menyebabkan banyak media digital melakukan langkah efisiensi, sebagian bahkan terpaksa tutup.
Selain itu, Suwarjono menjelaskan kondisi ekonomi digital yang tidak menguntungkan media, dengan penguasaan iklan digital hampir 80 persen dinikmati oleh platform teknologi global seperti Google dan Facebook, dan menyisakan sebagian kecil untuk media online, merupakan pemicu utama.
“Ketidaksiapan media menyikapi kondisi tersebut, mempercepat proses kebangkrutan industri media lokal. Pandemi mempercepat runtuhnya banyak media lokal di Indonesia,” ujarnya.
Komentar tentang post